Rangkuman khotbah 29 November 2015 – Pdt Mindaja Tani

2 Timotius 4 : 9-21

Pagi ini kita ingin 19 nama yang Paulus cantumkan di ayat di atas. Semua yang ditulis berguna buat kita dan kita bisa belajar dari nama nama ini.

Yang Desersi

  1. Demas
    Disebut dalam Kolose 4:4 dan Demas adalah orang yang dekat dengan Lukas dan bagian dari tim Paulus. Paulus menyebut Demas sebagai teman sekerja di Filemon 24. Demas juga pernah singgah di Tesalonika dan merupakan kota yang penting dan penuh dengan hiburan. Alkitab katakana Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Dalam bahasa Inggris dipakai present world. Demas keluar dari pelayanan dan meninggalkan Paulus sebab dia telah mencintai dunia ini.
    Demas ini bagaikan benih yang jatuh di tanah yang berbatu, di tengah semak berduri. Yang bersemangat sekali melayani di awal awal tetapi tidak bertahan lama.
    Kita harus bisa melihat jauh ke depan dan yang belum keliatan saat ini, dengan demikian kita akan tetap bisa bertahan sampai akhirnya.
    Demas hanya melihat apa yang kelihatan dan dia pergi ke Tesalonika dan meninggalkan Paulus dan mungkin sekali meninggalkan Tuhan.
    Ini mungkin terjadi di antara kita dan jangan berkata tidak mungkin terjadi. Itu sebabnya kita perlu barhati hati.

Yang Diutus

  1. Kreskes
    Kreskes ini pasti seorang yang cukup capable dan cakap dan mampu. Kenapa? Karena Alkitab mencatat bahwa dia dikirim oleh Paulus ke Galatia, kota yang selalu disinggahi oleh Paulus. Kita tahu Paulus singgah tidak jalan jalan tetapi memberitakan Injil dan jemaat Galatia pasti cukup besar dan maju. So, Kreskes mungkin cukup mampu sehingga dikirim ke Galatia

 

  1. Titus
    Juga seorang yang cakap dan dianggap anak oleh Paulus. Dia seorang Yunani dan diutus ke Dalmatia. Suatu saat dia pernah didesak untuk disunat oleh para penatua Jerusalem tetapi dibela oleh Paulus habis habisan. Walaupun dia masih junior, tetapi juga cukup mapan.
    Di dalam surat Titus, dia diutus untuk melayani di Kreta dan mengangkat penatua di sana. Untuk bisa mengangkat penatua, dia adalah seorang yang mempunyai insight yang dalam.
    Dalmatia, bukan kota yang terlalu besar tetapi kita melihat dia diutus ke sana oleh Paulus untuk establish jemaat di sana,

 

  1. Tikhikus
    Dia diutus ke Efesus untuk menggantikan Timotius sehingga dia orang yang dipercaya oleh Paulus. Jemaat di Efesus juga cukup besar dan maju sehingga dia bisa dibilang merupakan orang yang cakap dan mapan. Dia adalah pembawa surat Paulus untuk jemaat di Kolose dan Efesus.
    Tikhitus ini adalah contoh kelompok yang pergi karena diutus, bukan karena desersi seperti Demas. Komunitas itu tidak dibatasi oleh tempat tetapi oleh indentitas. Meskipun mereka pergi ke mana mana tetapi mereka adadi dalam komunitas yang sama.

Yang Menempel

  1. Lukas
    Kelompok yang ketiga adalah kelompok yang nempel terus. Siapa mereka ini? Alkitab mencatat Lukas selalu bersama Paulus yang concern dengan kesehatan Paulis. Lukas adalah seorang dokter dan dia menempel terus dengan Paulus.
    Di Roma, Paulus adalah seorang tahanan dan bagaimana dia bisa didampingi oleh Lukas? Dalam hokum Roma, ketika seorang warga negara Roma yang diadili, dia boleh membawa 2 budak. Kelihatannya Lukas ini mau sukarela menjadi budaknya Paulus. Sungguh humble dan faithful Lukas ini. Dokter itu sebuah pengabdian.
  1. Markus
    Yohanes Markus. Rumah Markus dipakai sebagai rumah doa. Paulu dan Barnabas membawa Markus untuk misi pertama, tetapi Alkitab mencatat di tengah mission trip ini, dia meninggalkan Paulus an Barnabas dan balik ke Jerusalem. Hal ini menyebabkan Paulus dan Barnabas rebut. Barnabas ingin membawa Markus lagi di trip berikutnya tetapi Paulus tidak setuju. Tetapi Markus ini kemudian menjadi favorit Paulus karena dia diajak untuk pergi bersama Timotius ke trip yang lain.
    Markus pernah tinggalin Paulus, tetapi Markus ini bangkit kembali. Markus sempat pergi ke Mesir untuk memberitakan Injil di sana, itu sebabnya banyak gereja Koptik menggunakan nama St Mark.
    Paulus mau forgive dan forget kesalahan Markus ini dan kasih dia kesempatan kedua. Paulus tidak menyimpan kepahitan.
  1. Timotius
    Anak rohani Paulus dan sangat dibutuhkan oleh Paulus . Lukas selain dokter juga sebagai sekretaris Paulus. Jadi sebenarnya Paulus sudah cukup dengan adanya Lukas tetapi dia masih membutuhkan Timotius, sama seperti Musa yang membutuhkan Harun.

Yang Menetap

  1. Karpus
    Karpus ini adalah kelompok yang menetap. Dia tinggal di Troas dan rumahnya menjadi markas, base atau ‘gudang’. Di sana ada barang barangnya Paulus.

 

  1. Erastus
    Erastus adalah bendahara negeri kota Korintus (Roma 16:23). Alkitab mencatat Erastus tetap tinggal di Korintus karena pekerjaannya. Ada yang diutus, ada yang menetap untuk mengurus yang pergi.

 

Yang Provokator

  1. Aleksander
    Adalah seorang tukang tembaga dan kira kira adalah seorang pembuat patung. Alkitab mencatat Aleksander lebih parah dari Demas. Kalau Demas desersi, Aleksander malah membuat kekacauan di dalam.
    Paulus menulis bahwa dia tidak perlu membalas kejahatan Aleksander (Roma 12:19), tetapi berhati hati. Aleksander ini terus menerus menghujat dan diserahkan oleh Paulus kepada Iblis supaya mereka jera.
  1. Trofimus
    Trofimus ini adalah seorang Greek dan dibawa Paulus ke Jerusalem. Di sana Paulus dituduh menajiskan bait Allah karena membawa Trofimus ke dalamnya. (Kisah 21).
    Dia jatuh sakit di Miletus, kira kira 80km dari Efesus. Dan Paulus menulis bahwa dia meninggalkan dia dalam keadaan sakit.
    Dari sudut pandang faith healer, menurut mereka orang Kristen tidak boleh sakit karena kalau sakit berarti dia berdosa. Jelas sekali Paulus bisa menyembuhkan orang sakit, tetapi Alkitab mencatat dengan jelas bahwa Trofimus ditinggalkan oleh Paulus.
    Kita melihat Tuhan ijinkan penyakit itu ada. Penyakit sekali lagi bukan karena dosa.

Kelompok Salam Salam

  1. Kepada Priska, Akwila dan keluarga Onesiforus
    Priska juga adalah seorang pembuat tenda dan kenal Paulus di Korintus dan ikut juga ke Efesus.
    Dari: Ebulus, Pudes, Linus dan Klaudia dan semua saudara di Roma
    Keempat nama ini adalah nama Latin dan bukan orang Yahudi dan kelihatannya orang Romawi karena salam dari.

    Jadi di dalam sebuah komunitas ada:

Kita melihat juga ada level dalam relationship di dalam sebuah komunitas dan berbeda beda. Oleh karena itu perlu penanganan yang berbeda beda seperti tubuh. Kita perlu semua macam orang orang ini, bahkan termasuk yang provokator dan yang menghasut. Amsal 27:17 – Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.

Geografi tidak membatasi komunitas tetapi identitas. Kita perlu identitas yang jelas dalam komunitas kita.

Setiap bagian dari komunitas yang ada ini sangat important dan complete each other. Kita harus melihat hal yang encouraging dari hal yang discouraging.

Kita perlu bersyukur untuk orang orang telah tempatkan di dalam komunitas kita.

Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *