Khotbah 12 April 2015

Yohanes 12:16-21

Ada lima kelompok orang yang hadir pada perayaan Paskah di Yerusalem, menjelang Yesus ditangkap:

  1. Tentara tentara Romawi
  2. Seperti polisi ekstra yang ada pada acara G20 di Brisbane lalu, kerajaan Romawi juga mengirimkan tentara tambahan ke Yerusalem. Apalagi ada parade kemenangan pas pada hari itu di Yerusalem. Tentara Romawi sudah sangat biasa dengan parade kemenangan, dan biasanya sang jenderal akan masuk dengan kuda yang paling gagah. Tetapi kali ini beda, sang ‘jenderal’ yaitu Yesus masuk dengan menunggangi seekor keledai, bahkan keledai yang muda. Sudah pasti Yesus ditertawakan dan diejek oleh para tentara Romawi. Kelompok tentara ini menggambarkan orang-orang orang yang merasa (sudah) lebih tahu dari yang lain sehingga bisa membuat allah sendiri.
  3. Orang banyak yang bersama dengan Yesus ketika Lazarus dibangkitkan.
    Orang -orang yang sama juga ada bersama dengan Yesus pada hari itu, tetapi mereka ada/datang hanya untuk melihat mujizat. They come to see the show and join the party. Orang Kristen ada yang datang ke gereja bukan untuk menyembah Tuhan tetapi melihat siapa worship leadernya, siapa yang khotbah. Mereka mereka ini juga datang hanya untuk menikmati berkat atau mencari teman teman, just to socialise.
  4. Orang-orang Farisi
    Orang-orang Farisi ini merasa lebih rohani dan harus lebih dihormati. Mereka marah ketika perhatian orang banyak di alihkan ke Yesus. Crowd ini mencari position, power dan attention. Yesus benci sekali dengan orang-orang Farisi ini, sebab mereka seperti gembala gembala yang menggembalakan diri sendiri.
  5. Murid-murid Yesus
    Kelompok ini selalu mengikuti Yesus. Selain 12 orang tadi, Yesus juga punya murid-murid lain sebanyak 70 orang. Merka taat melakukan apa yang Yesus perintahkan. Contohnya waktu Yesus membutuhkan sebuah keledai, Yesus menyuruh 2 orang muridnya dengan pesan yang jelas yaitu ambilkan keledai yang belum pernah ditunggangi dan bawa ke Yesus. Alkitab mencatat mereka pun pergi dan berhasil menemukan seekor keledai muda. Kemudian mereka melepaskan keledai itu dan ada beberapa orang bertanya kenapa keledainya dilepaskan. Murid murid itu menjawab seperti yang Yesus katakan, yaitu bahwa Tuhan memerlukannya dan dia akan segera mengembalikannya. Kelompok ini taat. Tetapi ada satu crowd lagi, yaitu
  6. Orang-orang Yunani.
    Orang-orang ini merepresentasikan orang orang yang mau belajar, mereka tidak merasa sudah tahu dan sudah suci. Orang ini pergi ke Filipus dan berkata Kami ingin bertemu dengan Yesus. Mereka datang untuk mencari Yesus dan mau mengenal Dia. Tetapi yang menarik adalah, Yesus tidak memberi kesempatan untuk orang Yunani itulah untuk bertemu Yesus. Artinya adalah tugas Filipus untuk memberitakan tentang Dia.

Nah termasuk crowd yang manakah kita ini?

Rangkuman khotbah Pdt. Mindjaja Tani pada tanggal 12 April 2015

Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *