Lingkungan? Penting Ngga Sih???

by Arvin Atmadja

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepribadian (personality) seseorang, demikian pendapat umum para ahli jiwa (psychologist). Lingkungan kita adalah sekeliling atau sekitar dimana kita sering berada atau berinteraksi; tempat tinggal dan pergaulan kita. Sadar atau tidak, lingkungan mungkin sudah mempengaruhi tingkah laku, cara berpikir dan value/prinsip hidup kita secara positif atau negatif. Kita perlu memilih dengan bijak di lingkungan seperti apa kita mau berada.

Memilih tempat tinggal memang susah-susah gampang. Karena kita mau tempat tinggal kita punya lingkungan yang baik. Tidak cuma nyaman tapi juga aman. Beberapa suburb di Brisbane memang punya reputasi yang buruk, terkenal dengan kriminalitasnya yang tinggi. Tentu saja kalau kita tahu akan hal itu, kita tidak akan mau tinggal di sana. Tentunya, kita mau pergi dan pulang ke rumah tanpa rasa takut. Ketakutan kalau nanti keluar rumah ketemu tukang todong, atau takut kalau pas rumah kosong ada removalist tak diundang yang bersedia pindahin barang-barang di rumah kita ke rumah mereka tanpa dibayar. Ujung-ujungnya, kita sendiri pun jadi stress dan penuh ketakutan. Sebaiknya kita tinggal di suburb yang baik bahkan yang terbaik, misalnya Toowong 🙂

Pergaulan juga termasuk hal yang perlu kita pilih. Teman yang seperti apa dimana kita mau berada. Merasa nyaman dan senang (fun) adalah faktor yang menjadi bahan pertimbangan dimana kita sering pakai untuk memilih teman-teman kita. Hal ini tidaklah salah, karena kita perlu untuk merasa nyaman dan senang berada diantara teman-teman sekeliling kita. Seharusnya pergaulan kita adalah pergaulan yang membangun, dimana setiap individu yang ada di dalamnya bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Tetapi kalau yang terjadi kebalikannya, sangatlah jelas itu tidak membangun bahkan merusak. Apalagi kalau itu, membuat kita jauh dari Tuhan. Prioritas dan fokus kita bergeser. Kita lebih mengtuhankan teman- teman kita dan kesenangan daripada Tuhan.­ Kita berhenti bertumbuh, malas ke gereja, malas berdoa, malas baca Alkitab, dll. Tuhan mau kita memilih pergaulan yang benar.

1Kor 15:33 ‘…pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik’. Alkitab memberi instruksi bahwa kita perlu memperhatikan sekeliling kita untuk tinggal dan bergaul. Memilih lingkungan yang tepat akan menopang pertumbuhan kerohanian kita. Akhir kata, biarlah kita dengan bijak dan berani memilih lingkungan yang benar sesuai perintah Tuhan.

Categories: Articles