A Good Steward

Di antara banyak percakapan yang terjadi antara Yesus dan muridNya, Petrus bertanya kepada Tuhan Yesus mengenai perumpamaan antara Tuan dan Hamba:

Luk 12:41-43

Di ayat-ayat ini, seolah-olah Tuhan Yesus tidak menjawab pertanyaan Petrus secara langsung(42). Tuhan Yesus menjawab pertanyaan Petrus dengan pertanyaan pula(bingung kan?)

Petrus bertanya apakah kita semua perlu menjadi pengurus rumah yang setia dan walaupun Yesus menjawab dengan pertanyaan, tetapi dengan jelas Yesus berkata:YA. Kita semua perlu menjadi pengurus rumahNya yang setia.

Pengurus rumah di dalam ayat ini dalam terjemahan bahasa Inggrisnya adalah: steward, faithful and wise steward.

Kita sering sekali mendengar kata ini, Steward. Sekarang kalau mendengar kata steward, apakah artinya?? Dulu waktu saya mendengar kotbah mengenai A Good Steward, saya berpikir steward itu seperti stewardess, atau pramugari yang mengalami di pesawat terbang. Habisnya kata itu terdengar mirip banget, steward vs stewardess.

Enggak mungkin dong, steward yang Tuhan Yesus maksudan di sini adalah pramugari atau pramugara. Menurut Oxford Dictionary, steward itu berarti person employed to manage an estate or great house. Steward di dalam bahasa Yunaninya adalah Oikomomos yang berarti house manager.

Luar biasa sekali bahwa Tuhan begitu mengasihi kita sehingga Ia memberikan jabatan manager kepada setiap dari kita.

Semua orang ingin hidupnya agar sukses dan menajadi manager. Tuhan telah menjadikan kita sebagai manager dari awalnya, jadinya bagi yang bercita-cita menjadi manager… jangan kuatir… cita cita anda sudah tercapai. Hmmm anda mungkin berpikir: iihh jayus banget sih. Tapi memang benar. Sekarang apa yang lebih penting, menjadi managernya Tuhan atau manager dunia?

Apakah tugas utama dari seorang steward ini? Tugas utamanya adalah untuk memastikan bahwa semua milik tuannya ter-manage dan di-care serta digunakan dengan baik, bukan untuk keuntungan sendiri tetapi untuk tuannya. Dari awalnya Tuhan telah memberikan jabatan ini kepada Adam dan Hawa, yaitu untuk menjaga, memenuhi dan menaklukan bumi ini. Kita perlu menjadi steward yang me-manage dengan baik talenta, waktu, hidup, sekolah, pekerjaan termasuk juga gereja serta uang yang Tuhan telah berikan kepada kita.

Kita harus ingat bahwa semua yang kita punya ini adalah milik Tuhan. Yang telah Tuhan percayakan kepada kita. Dan kita harus bertanggung jawab atas apa yang telah Tuhan percayakan.

Talenta… Kita dapat berikan kepada Tuhan, kemudian hidup kita…. Hmmm juga dapat kita berikan kepada Tuhan… kemudian waktu… yahhh boleh lah kita berikan juga kepada Tuhan, kita berikan waktu untuk melayani Dia di gereja dan sebagainya.. dan kemudian.. Uang… wahhh ini mah susah dan berat banget.

Itulah yang sering menjadi kendala bagi banyak orang Kristen. Hanya mau menjadi setengah steward. Bayangkan kita menjadi manager sebuah rumah, bukan rumah biasa, tapi merupakan sebuah rumah penginapan mewah berhektar-hektar dengan kamar berkapasitas 1000 kamar ala penthouse dengan kolam berenang, taman luas, buffet breakfast/lunch/ dinner, tidak terlewat tempat gym, dengan taman yang luas dan make sure tamu-tamu dilayani tetapi saying sekali kita sebagai manager menggelapkan uang yang kita terima.

Tuhan menghendaki kita untuk setia di dalam persembahan kita kepada Tuhan. Tuhan mau kita untuk memberikan persembahan, tidak hanya persembahan perpuluhan kita tetapi juga segala persembahan khusus, persembahan persepuluhan dan persembahan-persembahan kudus. (2 tawarikh31-12)

Tuhan Yesus berkata: Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang mau kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu.” Lukas 6:38

Tuhan mau kita member secara generous karena apa yang kita beri akan diukurkan kembali kepada kita.

Member perpuluhan adalah baik tetapi itu bukan menjadikan kita generous, member perpuluhan hanya menjadikan kita, sedikit lebih baik dari seorang pencuri.

A good steward juga enggak grumpy pada saat member. Tuhan mengasihi pemberi-pemberi yang murah hati, yang member dengan sukacita (2 Korintus 9:7)

Sesuai dengan artinya A good steward juga berarti the carer, yang mempertanggungjawabkan apa yang Tuhan berikan kepada kita. Tidak terkecuali gereja kita ini, dan termasuk keadaan financial gereja kita. Kita perlu menjadi a good steward yang bisa make sure kalau gereja kita mempunyai perbendaharaan yang cukup yang sesuai ama target. Ini adalah tanggung jawab kita bersama.

Marilah kita menjadi good steward. Jangan jadikan posisi yang Tuhan berikan kepada kita ini menjadi suatu paksaan, tetapi jadikanlah stewardship ini sebagai lifestyle dan Tuhan akan memberikan kebahagiaan yang kekal kepada kita.

Luk12:43 Berbahagialah hamba yang didapati tuannya melakukan tugas, ketika tuannya itu datang.

By: Sucipto Prakoso

Categories: Articles